Saturday, November 28, 2015

Lingkungan dan Situasi Konsumen, dan Pengaruh Teknologi terhadap Perilaku Konsumen

Matakuliah Perilaku Konsumen
Jumat, 27 November 2015
Pertemuan ke-10

LINGKUNGAN DAN SITUASI KONSUMEN

Lingkungan konsumen terbagi kedalam dua macam, yaitu lingkungan sosial dan lingkungan fisik. Lingkungan sosial adalah semua interaksi sosial yang terjadi antara konsumen dengan orang sekelilingnya. Lingkungan fisik adalah segala sesuatu yang berbentuk fisik di sekeliling konsumen, termasuk didalamnya adalah beragam produk, tokp, maupun lokasi toko dan produk di dalam toko.

Berdasarkan kedekatannya dengan konsumen, lingkungan dibagi menjadi lingkungan mikro dan lingkungan makro. Lingkungan mikro adalah lingkungan yang sangat dekat dengan konsume yang akan mempengaruhi perilaku, sikap, dan kognitif konsumen secara langsung. Lingkungan makro adalah lingkungan yang jauh dari konsumen, bersifat umum dan berskala luas, dan memiliki pengaruh luas terhadap masyarakat. Situasi bukanlah lingkungan fisik atau karakteristik lingkungan sosial. Situasi konsumen terdiri atas tiga macam: situasi komunikasi, situasi pembelian, dan situasi penggunaan. 

Beberapa karakteristik lingkungan toko yang perlu diperhatikan adalah lokasi toko, layout, musik, display barang, dan kesesakan. Lingkungan sosial toko adalah interaksi konsumen dengan konsumen lainnya. Waktu adalah faktor situasi penting lainnya yang mempengaruhi pembelian di toko. Situasi konsumen ketiga adalah situasi konsumsi atau situasi pemakaian atau situasi penggunaan barang dan jasa, yaitu situasi atau suasana ketika konsumsi terjadi. Produk sering diposisikan sebagai produk untuk digunakan pada situasi pemakaian tertentu. Produk-produk pemakaian alas kaki misalnya dibedakan kedalam beberapa macam situasi pemakaian: pakaian resmi untuk ke pesta, pakaian olahraga, pakaian untuk kerja.

PENGARUH TEKNOLOGI TERHADAP PERILAKU KONSUMEN

Dunia mengalami perkembangan teknologi yang cukup pesat pada beberapa tahun terakhir ini, terutama teknologi di bidang komunikasi seperti internet dan telepon genggam. Internet pun merupakan teknologi yang pesat berkembang. Hampir setiap individu memiliki akses internet. Situs-situs jejaring sosial menjadi situs paling banyak diminati, Sehingga gerai-gerai internetpun dapat dengan mudah ditemukan. 

Tingginya frekuensi komunikasi melalui media internet menjadikan internet sebagai alat salah satu pemasaran yang efektif dan efisien. Kini banyak toko-toko online yang menawarkan melalui berbagai blog, web, maupun situ jejaring sosial seperti facebook, twitter. Adanya keberadaan toko online membuat konsumen dengan mudah mendapatkan barang yang diinginkan, dan lebih menghemat waktu. Maraknya menggunakan internet pun mendorong terjadinya penipuan yang berdampak negatif bagi masyarakat. Penipuan melalui internet dilakukan dengan mengirim email seolah undian berhadian dan lain sebagainya,

Kemajuan teknologi dibidang komunikasi terutama internet dan telepon genggam sangat berpengaruh terhadap perkembangan sistem pembayaran. Sistem pembayaran yang digunakan saat ini adalah melalui internet perbankan dan mobile perbankan.

No comments:

Post a Comment