Matakuliah Perilaku Konsumen
Jumat, 20 November 2015
Pertemuan ke-9
Kelompok Acuan
Sebuah kelompok merupakan kumpulan dari dua atau lebih orang-orang yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan yang sama, Didalam perspektif pemasaran, masing-masing kelompok dimana konsumen menjadi anggotanya akan mempengaruhi perilaku pembelian dan konsumsi dari konsumen tersebut. Kelompok mempengaruhi proses pembelian dalam dua cara. Pertama, kelompok mempengaruhi pembelian yang dibuat oleh seorang konsumen. Kedua, anggota kelompok seringkali membuat keputusan bersama sebagai sebuah kelompok.
Kelompok acuan (reference group) adalah seorang individu atau sekelompok orang yang secara nyata mempengaruhi perilaku seseorang. Kelompok acuan digunakan oleh seseorang sebagai dasar untuk perbandingan dalam membentuk respon afektif, kognitif, dan perilaku. Kelompok acuan akan memberi standar dan nilai yang akan mempengaruhi perilaku seseorang. Dalam perspektif pemasaran, kelompok acuan adalah kelompok yang berfungsi sebagai referensi bagi seseorang dalam keputusan pembelian dan konsumsi.
Kelompok acuan dibedakan ke dalam formal dan informal, primer dan sekunder, aspirasi dan disosiasi. Tiga macam pengaruh kelompok acuan: pengaruh normatif, pengaruh ekspresi nilai, dan pengaruh informasi. Beberapa kelompok acuan yang terkait dengan konsumen: kelompok persahabatan. kelompok belanja, kelompok kerja, kelompok maya, dan kelompok pegiat konsumen. Kelompok acuan yang digunakan dalam komunikasi pemasaran: selebriti, ahli pakar, orang biasa, para eksekutif dan karyawan, atau juru bicara. Seorang konsumen seringkali meminta pendapat mengenai produk dan jasa kepada teman, keluarga, atau kelompok acuan lainnya. Kelompok acuan yang memberikan pendapat disebut sebagai pemberi pengaruh. Ada tiga teori yang menjelaskan bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain dalam perilaku: (1) teori menetes, (2) arus dua tahap, dan (3) interaksi banyak tahap.
No comments:
Post a Comment