Mata Kuliah Perilaku Konsumen
Jumat, 25 September 2015 kuliah pertemuan ke empat ini membahas tentang Proses Belajar Konsumen. Proses belajar konsumen adalah sebuah proses dimana seseorang memperoleh pengetahuan dan pengalaman pembelian dan konsumsi yang akan ia terapkan pada perilaku yang terkait pada masa datang. Bahwa belajar merupakan suatu proses unntuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman sehingga akan mengakibatkan perubahan sikap dan perilaku yang relatif permanen. Adapun hal yang penting dari belajar yaitu pertama, suatu proses yang berkelanjutan. Kedua, pengalaman memainkan peranan dalam proses belajar. Ketiga, terminologi belajar memiliki makna yang luas. Ada empat unsur yang mendorong proses belajar tersebut menurut Schiffman dan Kanuk, 2010 yaitu:
- Motivation, adanya dorongan dari dalam diri konsumen dan muncul karena adanya kebutuhan.
- Isyarat (Cues), stimulus yang mengarahkan motivasi tersebut. Isyarat akan mempengaruhi cara konsumen bereaksi terhadap suatu motivasi. Iklan, kemasan produk, dan harga adalah stimulus atau isyarat yang akan mempengaruhi konsumen untuk memenuhi kebutuhannya.
- Respons, reaksi konsumen terhadap isyarat.
- Pendorong atau Penguatan (Reinforcement), sesuatu yang meningkatkan kecenderungan seorang konsumen untuk berperilaku pada masa datang karena adanya isyarat atau stimulus.
- Proses Belajar Kognitif
- Proses Belajar Perilaku
Proses belajar perilaku terbagi menjadi proses belajar classical conditioning, proses belajar operant conditioning, dan proses belajar social learning atau observational learning.
- Proses belajar classical conditioning
- Proses belajar operant conditioning
- Proses belajar observational learning
- Mengembangkan respons baru, digunakan untuk memperkenalkan berbagai penggunaan produk-produk baru yang selama ini belum terpikirkan oleh konsumen.
- Mencegah respons yang tidak dikehendaki
- Memfasilitasi respons.
No comments:
Post a Comment